5 Berolahraga Asli Dari Indonesia

Apakah berolahraga favorite anda? Sepakbola? Bowling? Atau mungkin saja bersepeda? Apa pun berolahraga kegemaran anda, bila anda teratur mengerjakannya, pastinya akan membawa efek yang baik untuk kesehatan badan dan mental anda. Karna berolahraga seperti sepakbola umpamanya, bukan sekedar menyehatkan fisik namun juga melatih hubungan sosial anda.

5 Berolahraga Asli Dari Indonesia

Diantara banyak berolahraga di Indonesia, tahukah anda type berolahraga apa sajakah yang asli ‘milik’ Indonesia? Di bawah ini daftar 5 Berolahraga Asli Dari Indonesia. Sebagian salah satunya masih tetap bertahan sampai saat ini, beberapa lainnya mungkin saja sempat anda mainkan pada saat kecil, serta bahkan juga ada yang mungkin saja namanya saja belum juga sempat anda dengar hingga saat ini :

1. Sepak Takraw

Berolahraga Asli dari Negara Indonesia Berolahraga apakah yang dimainkan lewat cara seperti bermain sepakbola serta bola voli, namun dikerjakan di lapangan bulu tangkis? Ya, sepak takraw! Berolahraga ini datang dari jaman Kesultanan Malaka (1402-1511) serta dimaksud dengan juga nama sepak raga. Jumlah pemain dalam satu permainan yaitu tiga orang untuk semasing regu.

Pemain sepak takraw tidak bisa menyentuh bola dengan tangan, serta cuma bisa memakai kaki mereka hingga sepintas beberapa gerakan dalam permainan sepak takraw serupa dengan pergerakan seni bela diri. Berolahraga ini sudah mulai sejak lama ‘diperebutkan’ atau diklaim oleh beragam Negara mulai dari Malaysia, Laos, Filipina, sampai Thailand.

Meskipun bukti-bukti yang kuat dari pakar histori dapat menunjukkan kalau sepak takraw yaitu berolahraga tradisionil yang datang dari Sulawesi Selatan, akan tidak ada berarti bila kita jadi rakyat Indonesia tidak mempertahankannya serta melestarikannya. Jangan pernah sesudah terlanjur kecolongan baru kita kebakaran jenggot.

2. Pathol

Pathol yaitu berolahraga gulat tradisionil yang datang dari Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Konon permainan Pathol sudah ada mulai sejak zaman Majapahit, yang awalannya adalah acara sayembara untuk mencari kesatria paling baik yang dapat melindungi pelabuhan Tuban yang pada saat itu ramai oleh perompak serta penyamun.

Beberapa gerakan pathol lalu diadaptasi serta diperkembang oleh pemuda serta orang-orang setempat sampai pada akhirnya tumbuh jadi berolahraga yang disukai serta bahkan juga jadikan kesenian tradisionil. Gulat pathol yang biasanya di gelar di pesisir pantai ini seringkali diadakan tiap-tiap mendekati purnama atau pada hari-hari spesial umpamanya bertepatan dengan upacara sedekah laut.

3. Karapan Sapi

Karapan Sapi yaitu berolahraga pacuan sapi yang datang dari Madura. Dalam permainan yang satu ini, sepasang sapi lah yang ‘berolahraga’ dengan menarik seperti kereta kayu melalui trek selama 100 mtr.. Joki sapi cuma butuh berdiri di kereta kayu serta mengatur laju sapi-sapinya supaya tidak oleng. Namun janganlah disangka jadi joki karapan sapi itu pekerjaan yang gampang ya, karna sudah pasti dibutuhkan latihan serta ketrampilan yang spesial. Keseriusan warga Madura serta pemerintah Indonesia dalam melestarikan karapan sapi tidak main-main.

Karapan sapi saat ini sudah jadi satu arena pesta rakyat yang dapat menyedot beberapa ribu pengunjung dari dalam ataupun luar negeri. Tiap-tiap akhir bln. September atau Oktober bahkan juga diselenggarakan kompetisi karapan sapi paling besar yang merebutkan Piala Bergilir Presiden. Sayangnya di balik kemeriahan ini seringkali diketemukan pelanggaran beberapa peserta yang sering memperlakukan sapi-sapinya dengan kejam supaya dapat lari dengan kencang. Rutinitas ini sudah pasti begitu melenceng dari nilai aslinya serta semestinya pantas dilakukan tindakan dengan tegas oleh pihak penyelenggara.

4. Pencak Silat

5 Berolahraga Asli Dari Indonesia, Pencak Silat adalah sisi dari kebudayaan orang-orang Indonesia yang telah berkembang mulai sejak zaman jaman dulu. Pencak silat berakar pada budaya Melayu serta sudah terkenal di beberapa Negara seperti Malaysia, Brunei, serta Singapura. Pencak silat di Indonesia bukan sekedar satu jenis saja.

Banyak versus berolahraga pencak silat yang berkembang sesuai sama nilai budaya orang-orang setempat. Umpamanya pencak silat aliran Cimande yang konon berawal dari cerita seseorang wanita yang melihat pertarungan pada harimau dengan kera, lalu mengikuti pergerakan ke-2 hewan itu.

Ada juga silat atau silek yang datang dari ranah Minang, yang di ciptakan oleh Datuk Suri Diraja dari Pariangan Tanah Datar pada era XI. Induk organisasi pencak silat di Indonesia sekarang ini yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Ada juga organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat dari beragam Negara yang bernama Persekutuan Pencak Silat Pada Bangsa (PERSILAT) yang dibuat oleh Indonesia, Singapura, Malaysia, serta Brunei Darussalam.

5. Picu Jalur

Picu Jalur yaitu type berolahraga perahu dayung tradisionil yang datang dari Riau. Perahu pada perlombaan picu jalur mempunyai panjang sekitaran 25-40 mtr. dengan awak perahu sejumlah 40 hingga 60 orang. Awal mulanya picu jalur diadakan di kampong-kampung selama Sungai Kuantan untuk memperingati hari besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, atau th. baru Muharam.

Saat ini acara picu jalur telah masuk kedalam kalender pariwisata nasional, tiap-tiap th. pada tanggal 23-26 Agustus diselenggarakan festival picu jalur dalam rangkaian peringatan kemerdekaan Indonesia (17 Agustus-an). Picu jalur umumnya diselenggarakan di Sungai Batang Kuantan yang pada zaman jaman dulu adalah lambang jati diri sosial karna cuma datuk-datuk serta bangsawan saja yang bertransportasi lewat jalur itu.

Nah, tersebut 5 Berolahraga Asli Dari Indonesia mudah-mudahan menaikkan pikiran anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *