5 Pulau Yang Terancam Terbenam Di Indonesia

Perubahan iklim jadi tantangan paling besar peradaban manusia yang telah maju. Tanpa ada kita sadari, kegiatan manusia menyebabkan banyak efek jelek pada alam. Sebut saja dampak tempat tinggal kaca, kebolongan ozon, naiknya permukaan air laut, mencairnya es di kutub, semua hanya karena yang diakibatkan dari tingkah manusia yang semena-mena pada alam.

5 Pulau Yang Terancam Terbenam Di Indonesia

Indonesia jadi negara yang ada di garis khatulistiwa waktu dipengaruhi dengan perubahan iklim itu. Naiknya permukaan air laut buat pulau-pulau di Indonesia dalam kondisi terancam. Belum juga eksploitasi serampangan orang-orang di pulau-pulau itu. Hal itu buat sebagian pulau di Indonesia terancam terbenam.

Tersebut disini 5 Pulau Yang Terancam Terbenam Di Indonesia :

1. Pulau Bali

Projectsi curah hujan periode panjang yang bertambah menyebabkan curah hujan bertambah sebesar 20 milimeter tiap-tiap lima th.. Anomali cuaca serta iklim ini menyebabkan efek dramastis pada pulau-pulau di Indonesia. Salah nya ialah Pulau Bali. Luas Pulau Bali saat ini 5. 632 km. persegi.

Pada 2050 diperkirakan juga akan terendam seluas 489 km. persegi. Sedang pada 2070, daerah yang terbenam makin meluas menjangkau 557 km. persegi. Kerendalam lokasi ini juga akan mengaibatkan terpisahnya Pulau Bali jadi dua sisi. Tanah genting yang sampai kini menghubungkan beberapa besar Pulau Bali dengan Nusa Dua, juga akan terbenam. Nusa Dua juga akan jadi pulau sendiri yang terpisah dari Pulau Bali.

2. Pulau Tembora

Dengan luas 200 hektar, pulau ini terancam terbenam karena kegiatan penambangan bauksit. Garis terluar pulau masih tetap tampak, tetapi dibawah air. Bila tidak terbenam, luas asli pulau tambah lebih besar.

3. Pulau Sentut

Adalah pulau terluar di Indonesia yang terdapat di perairan laut Cina Selatan serta perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Terdapat di samping timur Pulau Bintan, pulau ini luasnya tidak hingga 2 hektar. Sekarang ini luas serta ketinggian pulau menyusut karena abriasi serta penambangan bauksit yang pada akhirnya ditinggalkan demikian saja oleh PT Gunung Sion. Walau tak ada penghuni, pulau ini seringkali jadikan lokasi transit untuk TKI ilegal ke Malaysia.

4. Pulau Kelor

5 Pulau Yang Terancam Terbenam Di Indonesia, Diperkirakan National Geography Indonesia pulau ini juga akan terbenam 45 th. sekali lagi. Hal semacam ini didasarkan pada data UPT Taman Arkeologi Onrust yang membuka th. 1980-an Pulau Kelor mempunyai luas 1, 5 hektar tetapi saat ini luasnya tidak hingga 1 hektar. Hal semacam ini karena abrasi yang mengikis pulau itu dan naiknya permukaan air laut karena pemanasan global.

5. Pulau Padang

Terdapat di Propinsi Riau, pulau ini terancam terbenam karena pembukaan rimba lahan gambut dengan terus-terusan yang jadikan perkebunan akasia oleh perusahaan industri kehutanan. Rawa gambut sisi bawahnya mempunyai pori-pori seperti spons. Pembabatan rimba di atasnya serta pembuatan kanal perusahaan juga akan kuras air serta karbon yang terdapat didalam gambut hingga gambut juga akan berkurang.

Nah, tersebut 5 Pulau Yang Terancam Terbenam Di Indonesia. Sesungguhnya, banyak sekali lagi pulau-pulau di Indonesia yang terancam terbenam. Jadi Negara Kepulauan, telah pasti Indonesia hadapi ancaman riil pada naiknya permukaan air laut karena pemanasan global. Diperkirakan, sekitaran 1. 500 pulau-pulau di Indonesia juga akan terbenam pada th. 2050 karena naiknya permukaan air laut.

Tubuh Koordinasi Survey serta Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), pada th. 1992 menerbitkan Gazetteer Beberapa nama Pulau serta Kepulauan Indonesia yang mencatat sejumlah 6. 489 pulau bernama, termasuk juga 374 nama pulau di sungai. Dari demikian banyak pulau-pulau di Indonesia, yang berpenghuni cuma sekitaran 6. 000 pulau.

Bila kita tidak selekasnya lakukan suatu hal perubahan, bukan sekedar pulau-pulau itu, lokasi Indonesia juga terancam karena semakin menyusutnya pulau-pulau terluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *