7 Keajaiban Alam Indonesia yang Tidak di Punyai Negara Lain

Alam Indonesia di kenal mempunyai keindahan Alam yang begitu mengagumkan keindahan alam Indonesia bahkan juga tidak dapat disaingi oleh keindahan alam yang berada di negara beda diluar Indonesia hal semacam ini lah yang buat paraa wisatawan asing tertarik untuk bertandang ke Indonesia nah di bawah ini ada

7 Keajaiban Alam Indonesia yang Tidak di Punyai Negara Lain

7 Keajaiban Alam Indonesia Yang Tidak Dipunyai Negara Beda yang perlu anda kenali:

1. Ubur-ubur yg tidak menyengat, Danau Kakaban, Kalimantan timur

keajaiban dari Danau Kakaban ini yaitu ada ubur-ubur yg tidak menyengat yang tinggal dibawah airnya. Ajaibnya, ubur-ubur begini cuma ada di dua tempat didunia, yakni di Danau Kakaban serta Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di lokasi tenggara Laut Pasifik. Anda dapat berenang serta menyelam ke basic danaunya untuk berjumpa ubur-ubur unik ini.

Pulau Kakaban yaitu satu diantara keseluruhan 31 pulau yang tergabung dalam Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Danau Kakaban di pulau ini diklaim sebagai danau ubur-ubur paling besar didunia. Penyebabnya, ada 4 jenis ubur-ubur di danau ini, yakni ubur-ubur bln., ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, serta ubur-ubur terbalik. Sedang Jellyfish Lake di Palau cuma mempunyai dua jenis ubur-ubur saja. Wow!

Danau Kakaban sendiri mempunyai struktur yang unik. Danau ini terjadi karena karang yang naik diatas permukaan laut dengan ketinggian sampai 50 mtr.. Lalu, karang ini buat beberapa air terjebak, serta terjadilah danau.

2. Garam diatas gunung, Gunung Krayan, Kalimantan timur

Masih tetap di Kalimantan timur, satu sekali lagi keajaiban disini yaitu ada garam diatas gunung. Garam itu ada dalam sumur di Desa Long Midang, Gunung Krayan yang berjarak 100 km dari laut pada ketinggian 2. 400 mdpl. Ajaib!

Garam gunung yang dibuat di Krayan mempunyai tampilan yang sama juga dengan garam laut, yakni seperti pasir serta berwarna putih. Namun, nyatanya garam gunung mempunyai kandungan yodium yang lebih tinggi di banding garam laut lho!

Sistem pembuatan garam ini juga berlainan dengan garam laut. Bahan basic berbentuk air sumur di Desa Long Midang, di rebus satu malam sampai air jadi kering. Sesudah kering, tertinggalkan butiran kristal yang disebut garam basah lalu garam basah ini dimasukkan kedalam batang bambu serta dibakar sampai bambu habis terbakar api. Sisa bakaran berikut yang disebut garam kering yang lalu dibungkus daun serta siap di jual.

3. Fosil penyu serta batu karang, Gua Batu Cermin, Manggarai Barat, NTT

Terkecuali komodo, Gua Batu Cermin adalah keajaiban dari NTT. Penyebabnya, didalam gua ini ada gugusan batu karang serta fosil penyu pada dinding guanya. Gua Batu Cermin ada di Kampung Wae Kesambi, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, NTT.

Untuk lihat keajaiban ini, Anda mesti menelusuri gua selama beberapa ratus mtr.. Diluar itu, kemilau staklatit serta staglagmit di gua ini unik. Tidak heran, gua ini senantiasa jadi agenda harus waktu bertandang ke Flores.
Fosil penyunya bisa Anda saksikan dengan memakai senter karna gelapnya situasi didalam gua. Gugusan batu karang juga tampak jelas, seperti batu karang yang berada di bawah lautan. Oleh karenanya, batu-batu karang serta penyu yang semestinya ada dibawah lautan, kenapa dapat ada didalam gua diatas daratan? Berikut sinyal bertanya besar sekalian jadi keajaiban alam.

4. Pasir pantai merah muda, Pulau Komodo, NTT

Bila pantai umumnya berpasir putih atau hitam, jadi pantai ini memiliki pasir yang berwarna pink. Datanglah ke Pink Beach di Pulau Komodo. Pantai ini letaknya ada dibalik bukit, hingga sepi serta terpencil. Air laut di sekitaran pantainya begitu biru jernih serta menggoda untuk diving atau snorkeling.
Warna pink di pantai ini akan tampak lebih pekat di banding pasir yang masih tetap kering.

Warna pinknya adalah komposisi dari koral, pecahan kerang serta kalsium karbonat dari biota laut yang berada di sana.
Anda dapat menuju Pink Beach dari Labuan Bajo. Bersantai di pantai berenang di lautan, atau sebatas berfoto-foto di pantai yang disebut satu diantara keajaiban Indonesia ini akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan.

5. Danau tiga warna, Ende, NTT

Satu sekali lagi keajaiban dari Flores, yakni Danau Kelimutu yang memiliki tiga warna. Hitam, biru tua, serta biru, yaitu tiga warna dari danau ini yang terdapat di Kecamatan Kelimutu, Ende, NTT. Tidak cuma wisatawan dalam negeri saja, danau ini sudah memesona sampai ke traveler mancanegara.

Keajaiban dari ke-3 danau ini yaitu bisa beralih warna. Apabila mujur, Anda bisa lihat beberapa warna yang beralih warna, seperti warna merah jadi hijau, dari hijau muda jadi hijau keputih-putihan, serta yang lain. Hal semacam ini dikarenakan oleh aspek kandungan mineral, lumut serta batu-batuan didalam kawah dan dampak sinar Matahari.

Diluar itu, orang-orang sekitaran yakin kalau perubahan warna itu memiliki kandungan ‘pesan’ sendiri. Walau sekian, perjalanan menuju ke Danau kelimutu tidak gampang. Anda mesti jalan selama 3 kilometer serta melalui 236 anak tangga untuk menjangkau Puncak Kelimutu. Dari sinilah, ada keindahan serta keajaiban alam yang begitu menarik.

6. Air panas di tepi pantai, Tidore

7 Keajaiban Alam Indonesia yang Tidak di Punyai Negara Lain, Pemandian air panas di kolam atau gunung, sudah umum. Walau demikian, di Pantai Akesahu, Tidore, Maluku Utara, ada pemandian air panas di tepi pantai. Betul-betul di tepi pantai serta dimuka Anda yaitu lautan. Ajaib!

Air panas Akesahu terdapat sekitaran 30 menit dari dari Pelabuhan Rum, pelabuhan paling utama di Tidore. Ajaibnya, meskipun terdapat di tepi pantai, air panas ini rasanya tawar. Ditambah dengan pohon-pohon teduh serta pasir pantai yang halus, mandi air panas ditempat ini betul-betul berlainan dari umumnya.

Air panas ini datang dari sumber air panas yang terdapat di dekat pantai. Merendamkan diri di air panasnya sembari nikmati situasi pantai sangat mengasyikkan. Cukup hanya cost Rp 2. 000 saja, Anda bisa nikmati keajaiban alam ini.

7. Pasir putih di bukit Lembah Baliem, Papua

Bila sampai kini Anda menggangap pasir putih cuma berada di pantai saja, jadi datanglah ke Desa Aikima di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Disana ada pasir putih yang ada diatas bukit serta berjarak beberapa ratus kilometer dari pantai. Wow!

Anda mesti mendaki bukit untuk lihat pasir putihnya dari dekat. Dari terlalu jauh saja, hamparan pasir putihnya sudah tampak jelas. Warnanya mencolok dengan latar gunung hijau serta langit yang biru. Pasir itu seolah mengalir dari atas bukit. Putih serta bersih, memantulkan sinar matahari sampai terlihat bak kristal.
Berdasar pada sains, pasir putih ini ada karna bentukan alam.

Dahulu, Lembah Baliem yaitu satu danau raksasa bernama Wio. Sekitaran th. 1813, berlangsung gempa yang mengakibatkan pergeseran serta perubahan geologi. Dari situ terjadi juga Sungai Baliem yang meliuk di dalam lembah ini. Konon, pasir putih Desa Aikima yaitu satu diantara bagian danau purba itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *