9 Buah Durian Paling Popular Di Indonesia

Durian, Siapa yg tidak mengetahui buah yang satu ini? Nama durian di ambil dari keunikan kulit buahnya yang keras serta berlekuk-lekuk tajam hingga mirip duri, buah ini juga memperoleh julukan ” raja dari semua buah ” (King of Fruit). Umumnya durian yang lebih populer yaitu durian monthong yang datang dari Thailand, tapi tahukah Anda kalau durian lokal asli Indonesia juga cukup banyak serta rasa-rasanya tidak kalah dengan durian monthong.

9 Buah Durian Paling Popular Di Indonesia

Tersebut ada 9 Buah Durian Paling Popular Di Indonesia:

1. Durian Petruk (Jepara, Jawa Tengah)

Buahnya berupa bulat telur dengan warna hijau kekuningan. Duri kulitnya berupa kerucut kecil serta rapat. Buahnya memiliki bobot buah 1 – 2½ kg. Daging buah agak tidak tipis, berlemak, berwarna kuning, memiliki tekstur agak lembek, memiliki serat halus, beraroma tengah atau tidak demikian tajam. Durian ini dijuluki ” bantal emas ” karna dagingnya tidak tipis serupa bantal keemasan.

2. Durian Lai (Pampakin, Kalimantan)

Di Kalimantan Timur dimaksud durian lai, di Kalimantan Selatan serta Kalimantan Tengah umum dimaksud pampaken atau pampakin. Dagingnya berwarna oranye dengan rasa manis seperti ubi. Untuk pengagum durian mungkin saja kurang legit, kandungan alkoholnya sedikit, tapi baunya tidaklah terlalu menyengat.

3. Durian Matahari (Cimanggu, Bogor)

Dinamakan matahari karena warna dagingnya kuning cerah. Buahnya bulat panjang dengan warna kulit hijau kecokelatan serta tidak tipis 0, 5-1 cm. Durinya besar, runcing, tidak sering, serta bengkok. Berat buah 2 – 3, 5 kg. Daging buah tidak tipis, kering, berlemak, struktur halus, aroma tidak tajam, serta manis. Kelebihan durian ini yaitu lebih tahan hama penyakit dari pada durian yang lain.

4. Durian Sukun (Karanganyar, Jawa Tengah)

Bentuk buahnya bulat panjang serta berwarna kekuningan. Duri kulit buahnya berupa kerucut, kecil, serta rapat. Berat buah 1½ – 2½ kg. Daging buah begitu tidak tipis, kering berlemak, struktur halus, putih kekuningan, harum, serta manis.

5. Durian Otong (Parung, Bogor)

Juga dikenal jadi varietas durian monthong di Thailand. Buahnya memanjang dengan sisi ujung serta pangkal meruncing. Warna kulit kekuningan. Durinya berupa kerucut, memiliki ukuran kecil, serta agak rapat. Berat buahnya 2 – 4 kg. Daging buah tidak tipis, kering, kurang lemak, kuning, memiliki tekstur begitu halus, beraroma tidak demikian tajam, serta bercita rasa begitu manis.

6. Durian Gundul (Lombok, Nusa Tenggara Barat)

Durian ini betul-betul tidak ada duri hingga membingungkan bila dimaksud durian. Permukaan kulitnya serupa batok kelapa, berwarna kecokelatan serta keras. Rasa dagingnya manis serta bercampur gurih sedikit pahit, tidak kalah dibanding dengan durian monthong. Bijinya termasuk besar sesaat daging buahnya tidak tebal.

7. Durian Bokor (Majalengka, Jawa Barat)

9 Buah Durian Paling Popular Di Indonesia, Juga dikenal jadi durian aden. Buahnya berupa bulat panjang dengan warna kulit hijau kekuningan. Duri kulit buahnya besar tersusun tidak sering. Berat buah 3 – 4 kg. Warna daging buah kuning, cukup tidak tipis, kering, aroma harum, serta sedikit manis.

8. Durian Tembaga (Kampar, Riau)

Bentuk buahnya bulat prima dengan duri kulit buahnya berupa lancip, langsing, serta rapat. Berat buah 2 – 3½ kg. Daging buah berwarna kuning pekat seperti tembaga, begitu tidak tipis, berlemak, struktur halus, begitu harum, serta begitu manis.

9. Durian Ajimah (Ciomas, Bogor)

Durian ini memiliki daging buah yang tidak tipis, berwarna kuning muda, kering, serta teksturnya memiliki serat. Rasa durian ajimah ini manis-agak pahit serta bijinya kecil.

Nah, tersebut 9 Buah Durian Paling Popular Di Indonesia mudah-mudahan menaikkan pikiran anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *